2.12.2008

Enakan Juga nge-Jomblo

“Ret, gua mo ngomong sama elo, bisa nggak??”, tanya Sony kepada Reta yang baru aja pulang dari sekolah. Sony adalah teman Reta di kompleksnya. Reta adalah seorang gadis yang manis dan supel.

“Boleh kok, tapi jangan lama-lama, soalnya gua udah di tunggu sama mama di rumah. Emangnya elo mau ngomong apa??”, tanya Reta penasaran.

“Bisa nggak ntar malam kita jalan.”, tanya Sony

“Jalan?? Sorry Son, gua nggak boleh keluar malam, elo tau sendiri kan gimana ortu gua.”, jawab Reta.

“Oh… ya udah kalo gitu.”

“Itu aja yang mau di omongin?”,tanya Reta lagi.

“E…iya..eh, nggak…nggak…”

“Elo itu kenapa sih Son?”

“E…gua nggak kenapa-napa, tapi gua mo ngomong sesuatu sama elo.”

“Ngomong apalagi?”

“Se….Sebenarnya… gua suka sama elo.”, ucap Sony gugup

“Apa? Elo suka sama gua? Serius loe?”, tanya Reta nggak percaya

“Iya Ret, gua serius. Dua rius malah.”

“Terus?”

“E….elo suka nggak sama gua? Dan elo mau nggak jadi cewek gua?”

“Gua suka sama elo…tapi…..”, ucapan Reta terpotong

“Tapi apa Ret?”, tanya Sony penasaran

“Tapi gua nggak tau, gua mau jadi cewek elo apa nggak.”

“Mendingan elo pikir-pikir dulu…. Gimana kalo elo gua kasih waktu 3 hari?”, tawar Sony

“Ok deh… gua pikir-pikir dulu ya. Kalo gitu gua pulang dulu ya.”

“Iya…hati-hati ya?”

“Iya….”, jawab Reta

“Aduh…….. gimana nih?? Terima apa nggak ya? Apa gua harus curhat sama Mama? Tapi nggak mungkin…!! Mama pasti nggak ngebolehin gua pacaran. Sedangkan teman cowok datang ke rumah aja gua sudah diawasin sama Mama, apalagi Papa. Gimana donk….!!”, ucap Reta dalam hati

“Eh, ada mobil siapa tuh?” ucap Reta seorang diri ketika melihat di depan rumahnya ada mobil yang nggak dia kenal. Reta pun segera masuk ke rumah.

“Assalamualaikum…”, ucap Reta

“Waalaikumsalam…”, jawab Mama dan seseorang yang sedang ngobrol sama Mama.

“Kak Nelly?” ucap Reta ketika melihat seseorang yang sedang berbincang-bincang dengan Mama.

“Hai Reta…, gimana kabar kamu?”, tanya Nelly

“Baik-baik aja kok Kak, Kak Nelly sendiri gimana?”, tanya Reta balik

“Sama, aku juga baik-baik aja.”

“Reta, kamu temenin Kak Nelly dulu ya, Mama mau ke belakang dulu.”, ucap Mama

“Beres Ma!”, jawab Reta,”Kak, gimana keadaan Om sama Tante di Yogya?”, tanya Reta.

“Alhamdulillah baik-baik aja.”

“Kakak nginep di sini kan?”

“Nggak, ntar sore aku mesti pulang. Aku ke sini Cuma mau ngurus sesuatu, ya trus aku mampir ke sini deh.”

“Yah…kirain nginep. Padahal aku butuh teman curhat nih.”, rungut Reta

“Kamu mau curhat apaan? Gimana kalo kita jalan-jalan sebentar, sekalian kamu curhat.”, tawar Nelly

“Boleh juga. Kalo gitu aku ganti baju dulu ya.”

“Iya, tapi cepetan ya, gak pake lama.”

“Beresss!!”, setelah beberapa menit, mereka pun pergi.

“Kita pergi ke café yang dulu sering kita datangin aja ya?”, ucap Nelly di tengah perjalanan.

“Atur aja deh..”

“Ret, emangnya kamu mo curhat apa?”, tanya Nelly sesampainya di sana.

“E…menurut kakak, pacaran itu enak nggak?”, tanya Reta

“Pacaran? Menurut aku fine-fine aja, selama nggak backstreet.”

“Maksudnya?”

“Ya pacarannya selama kita nggak backstreet. Entah sama ortu, sama teman, atau sama siapa aja. Emangnya kamu mau pacaran ya?”, tanya Nelly balik

“Nggak tau, aku sih lagi di tembak cowok, tapi aku bingung mau jawab apa? Makanya aku tanya sama Kakak.”

“Kamu suka?”

“Suka sih.”

“Ya udah, terima aja.”

“Tapi katanya nggak enak kalo backstreet.”

“Ya emang, kamu belum di bolehin pacaran ya?”, goda Nelly

“Iya…, jangankan pacaran, teman cowok datang ke rumah aja udah diawasin sama Papa sama Mama, apalagi pacaran.”

“Kalo gitu mendingan nggak usah aja.”

“Tapi….Reta kan pengen ngerasain gimana rasanya pacaran. Masa mesti nunggu tiga tahun lagi baru pacaran.”

“Ya itu sih menurut aku. Keputusan kan ada di tangan kamu.”

“Hu…..aku bener-bener pusing!”

***

“Ret, kenapa loe? Kok pagi-pagi udah manyun?”, tanya Yaya sahabat karib Reta

“Help me, please!!”, pinta Reta

“What your problem?”, tanya Yaya

“Gua di tembak sama cowok.”

“Terus elo bingung mau jawa apa gitu?”, tanya Yaya, dan Reta hanya mengangguk.

“Ya ampun Ret, gitu aja elo bingung. Elo suka nggak sama dia?”

“Suka sih.”, jawabReta

“Terima aja, susah banget sih. Hitung-hitung nyari pengalaman, kan elo belum pernah pacaran.”

“Menurut elo pacaran itu enak nggak?”, tanya Reta

“Kalo gua rasa sih, pacaran itu asyik. Buktinya aja, gua udah punya cowok baru.”, jawab Yaya santai.

“What? Elo punya cowo baru? Perasaan baru kemarin elo bilang sama gua kalo elo baru putus sama Deo.”

“Gua gitu loh…., gua kan nggak tahan banget ngejomblo. Ngejomblo? Nggak deh!”, ucap Yaya

“Aduh Ya….elo tuh bikin gua tambah bingung.”

“Kok elo malah tambah bingung sih?”

“Gua mau sih pacaran, tapi gua kan belum dibolehin pacaran.”

“Backstreet aja, susah banget sih. Gua juga nggak di bolehin pacaran, tapi buktinya gua bisa pacaran. Elo mau tau nggak mantan gua ada berapa?”

“Emang ada berapa?”

Ada 49, kalo yang sekarang putus lagi, genap deh jadi 50. Gimana?”

“Ha?? Are you crazy? Gila banget sih? Elo semua yang mutusin?”, tanya Reta nggak percaya

“Enggak juga sih.., 20 kali gua putusin,karena gua bosan, termasuk Deo. 10 kali mereka yang mutusin gua, karena gua ketahuan selingkuh. 10 orang pergi entah kemana, dan 9 sembilan orang terkatung-katung karena nggak gua kasih kabar.”, jawab Yaya santai.

“Gua nggak tahan deh kalo kayak gitu.”

“Ya udah…, keputusan ada di tangan elo. Ok friend!!”, ucap Yaya sambil berjalan keluar kelas, sedangkan Reta hanya geleng-geleng kepala melihat kelakuan Yaya.

***

Nggak terasa waktu yang diberikan Sony udah habis, kini saatnya Reta memberikan jawabannya.

“Ret, udah elo pikirin?”, tanya Sony

“Udah.”, jawab Reta

“Apa?”, tanya Sony nggak sabar.

“E…. Gua mau jadi pacar elo, tapi elo harus ngertiin gua ok!”

“Ok!! Gua seneng banget. Thanks ya.”

“Iya sama-sama. Gua pulang ya.”

“Kok buru-buru? Baru beberapa menit.”, tanya Sony

“Elo tau kan ortu gua gimana? Kalo ada yang liat gimana? Pokoknya gua pulang sekarang. Bye!”, ucap Reta sambil berlari meninggalkan Sony

“Bye! Ntar gua telepon!”, teriak Sony.

***

Pukul 11 malam handphone Reta berbunyi

“Siapa sih?”, ucap Reta sambil mengambil handphone yang di taruh di samping tempat tidur.

“Hallo.”, ucap Reta lemas karena ngantuk

“Hallo sayang, udah tidur ya?”, ucap Sony

“Iya…, ngapain sih telepon malam-malam?”

“Gua kan pengen ngomong sama elo.”

“Ngomong apaan?”

“Gua pengen bilang kalo gua sayang banget sama elo.”

“Oh…itu doang?”, ucap Reta singkat

“Kalo kamu ngantuk ntar aja deh dilanjutinnya.”

“Iya.”

“Met bobo ya, dadah!!!”

“Malam-malam nelpon, sudah tau besok gua mesti bangun pagi.”, omel Reta

***

“Syang, kta jln yuk!”, ucap Sony di SMS

“K mna?”, balas Reta

“K mna aj…bsa g? bsa y? please!!”

“Ngmong sm Ma2x gmn?”

“Blang aj jln sm tmn.”

“Y udh deh.”

“Gw tnggu d dkt tmn kmpleks y.”

“iy”, Reta pun langsung bersiap-siap.

“Ma, Reta pergi jalan sebentar ya.”, ucap Reta gugup

“Ke mana? Sama siapa?”, tanya Mama

“E….paling ke Mall sama Yaya, iya sama Yaya.”

“Bener?”

“I…iya…Reta nggak bohong.”

“Ya udah, tapi jangan lama-lama.”, ucap Mama

“Iya”, jawab Reta sambil menghela nafas lega. Ini pertama kalinya Reta bohong.

“Hai sayang!”, sapa Sony sesampainya Reta di taman.

“Hai, kita mo jalan ke mana?”, tanya Reta

“Ke mall aja.”

“Ya udah, tapi jangan lama-lama ya.”

“Iya.”, setelah hampir 2 jam mereka jalan-jalan, nggak terasa udah jam 5 sore. Handphone Reta pun bergetar

“Ntar ya, ada yang nelpon.”, ucap Reta.ketika ia lihat, tertulis “Mama” dilayar handphonenya.

“Mama?”, ucap Reta gugup. Reta pun segera mengangkat teleponnya.

“Ha..hallo.”, ucap Reta gugup

“Reta, kamu ke mana aja? Ini sudah jam berapa?”

“Iya Ma, ini Reta udah di jalan. Sebentar lagi Reta nyampe kok.”, jawab Reta bohong

“Ya udah, cepetan. Jangan sampai Papa kamu lebih dulu pulang.”

“Iya Ma.”, telepon pun langsung di tutup.

“Mama kamu ya sayang?”, tanya Sony

“Iya.., ayo pulang!”, ucap Reta kesal. Ternyata Papa sudah lebih dulu sampai di rumah. Reta benar-benar takut

“Reta, kamu dari mana aja?”, tanya Papa yang sudah dari tadi menunggu Reta.

“Dari mall Pa, samaYaya.”, jawab Reta gugup

“Benar jalannya sama Yaya?”

Iya Pa.

“Nggak sama cowo?”

“Mampus deh gua”, ucap Reta dalam hati, “Bener Pa!”, jawab Reta

“Ya sudah kalo gitu. Lain kali jangan pulang sampai jam segini.”

Iya Pa.”, jawab Reta dan segera masuk ke kamar

“Untung Papa nggak marah-marah. Ternyata begini rasanya kalo pacaran backstreet.”, ucap Reta dalam hati. Sudah sebulan Reta ngejalanin hubungan sama Sony. Reta selalu bohong sama ortu kalo mau jalan sama Sony. Reta selalu merasa ketakutan, apalagi Sony selalu nelpon Reta tengah malam, padahal kamar Reta sama kamar ortunya deketan.

“Reta, mama mau ngomong.”, ucap Mama ketika Reta duduk di depan TV.

“Ngomong apa Ma?”

“Siapa sih yang nelpon kamu tiap malam. Tengah malam lagi nelponnya.”

“E….itu temen.”, jawab Reta kebingungan

“Teman apa pacar?”, tanya Mama lagi dan Reta nggak jawab

“Reta, bukannya Mama ngelarang kamu pacaran, tapi sekarang kamu belum boleh untuk berpacaran. Mama sama papa ingin melihat kamu sukses, ingin melihat kamu bisa gapai cita-cita kamu. Kamu boleh pacaran ketika kamu sudah lulus, sudah berpikiran lebih dewasa, agar kamu tidak salah pilih dan bisa berpikir untuk kedepannya. Mama nggak mau kalo kamu ngecewain Mama sama Papa hanya karena kamu pacaran.”, ucap Mama lembut.

“Iya Ma.”, jawab Reta.

“Maafin Reta Ma, karena Reta hampir aja ngecewain Mama sama Papa. Reta janji, Reta nggak akan ngecewain kalian berdua.”, ucap Reta dalam hati

“Ma, Reta boleh keluar sebentar? Sebentar…aja.”, bujuk Reta

“Tapi jangan lama-lama.”

“Beressss”, ucap Reta sambil berlari keluar. Reta mau nemuin Sony.

“Son, gua mau ngomong sesuatu sama elo.”

“Mau ngomong apa sayang?”

“Son, mendingan hubungan kita sampai di sini aja.”, ucap Reta mantap

“Maksud loe kita putus?”

“Iya Son, gua udah nggak tahan kalo harus ngumpet-ngumpet terus dari ortu gua. Gua nggak mau ngecewain mereka.”

“Elo serius?”, tanya Sony nggak percaya

“Gua serius, maafin gua ya…, gua udah capek. Elo ngerti kan?”

“Terserah elo deh, gua juga nggak mau maksa.”

“Tapi elo masih mau jadi temen gua kan?”

“Iya…”

“Thanks ya Son!!”, ucap Reta gembira. Sekarang Reta udah nggak merasa terbebani lagi. Gua bebas!!!

***

“Ya, elo kenapa? Kok nangis?”, tanya Reta bingung

“Gua di tinggalin sama Joe.”, jawab Yaya sambil menangis

“Kok elo nangis? Bukannya udah biasa tuh?”

“Nggak tau kenapa, rasanya gua sayang banget sama Joe.”

“Oh… udah deh…mendingan nggakusah pacaran dulu aja. kita raih cita-cita kita dulu, baru kita pacaran. Enakan Juga nge-Jomblo!!!”, ucap Reta sambil tersenyum

THE END

Tidak ada komentar: