2.07.2008

"Hore Aku Putus" (Cerpen)

“Ra, loe ngapain? Kok bengong sendirian di sini?”, tanya Titin sahabat Rara. Tapi sama sekali nggak ada jawaban dari Dara. Kali ini giliran Vivi yang bertanya kepada Dara, tapi sama seperti tadi, nggak ada jawaban apa pun yang keluar dari mulut Dara. Ia masih saja bengong tanpa berkedip. Titin dan Vivi mencoba untuk mencari-cari apa yang sedang di perhatikan Dara dan….
“Gua tau!”, teriak Vivi tiba-tiba sampai-sampai membuat Titin kaget, kecuali Dara yang dari tadi masih bengong.
“Tau apaan? Jangan teriak-teriak dong, gua kan jadi kaget!”, omel Titin
“Alah, Cuma segitu doang elo udah kaget, apalagi kalo ada bom di sini, pasti elo mati karena jantungan. Ha..ha…ha…!!”, ledek Vivi.
“Udah deh, sekarang mendingan elo kasih tau gua, apa yang lagi diliatin sama Dara, sampe-sampe dia kayak gini.”
“E….itu….!”, jawab Vivi sambil menunjuk seorang cowok yang sedang bermain basket.
“Siapa? Chandra maksud loe?”, tanya Titin.
“Elo nggak percaya? Elo tau kan kalo Dara itu suka banget sama Chandra.”, jawab Vivi. Dara emang suka banget sama yang namanya Chandra,udah cakep, pintar, baik, ramah, seorang kapten di tim basket, tajir pula. Wah…pokoknya perfect banget deh!!! Hampir seluruh cewek di sekolah suka sama dia. Tapi walaupun begitu dia nggak pernah besar kepala.
“Bener juga. Eh, udah bel nih cepetan kita masuk kelas.”
“Iya, tapi tuan putri yang lagi bengong ini mau diapakan?”, tanya Vivi.
“Gimana kalo kita teriak sekencang-kencangnya di dekat telinganya.”, usul Titin.
“Ok deh, apa boleh buat. Satu….dua…tiga…”
“DARA…………..!!!!!!!!”, teriak Titin dan Vivi sehingga membuat Dara tersentak kaget.
“Apa-apaan sih loe berdua, teriak di telinga gua, sakit tau!”, omel Dara kepada kedua sohibnya.
“Abisnya…elo kita panggil-panggil nggak nyahut, malah asyik mandangin si Chandra.”, ucap Titin.
“Iya nih, mana bel udah bunyi lagi.”, sambung Vivi.
“Ha? Bel udah bunyi? Yang masuk siapa?”, tanya Dara.
“Pak Raden.”, jawab Vivi singkat
“Terus?”, tanya Titin lagi.
“GAWAT……!!!!”, teriak Dara, Titin dan Vivi sambil berlari menuju kelasnya. Pak Raden terkenal dengan Guru ter-Killer di sekolah, walaupun telat masuk hanya setengah detik, pasti dia akan kasih hukuman yang super duper berat.
***



“Hai semua!”, sapa Chandra kepada Dara, Titin dan Vivi.
“E…hai!”, jawab ketiganya malu-malu.
“Tumben Chandra nyapa kita.”, ucap Vivi dalam hati.
“Elo Dara ya? Yang tadi pagi duduk di dekat lapangan basket.”, tanya Chandra.
“E..iya. Kok elo tau nama gua?”, tanya Dara.
“Ya taulah…siapa sih yang nggak tau elo di sekolah ini. Udah cantik, pintar dan juara umum di sekolah lagi.”
“Nggak usah terlalu berlebihan.”, jawab Dara tersipu.
“Nggak berlebihan kok. Jadi sekarang kita bisa temenan kan?”
“Ya iyalah…”
“Ok deh kalo gitu, gua mau ke kantin dulu. Elo bertiga mau ikut nggak?”, tanya Chandra.
“Nggak, kita di sini aja. Lain kali aja deh!”, jawab Dara.
“Oh….Ya udah kalo gitu. Bye….!!!”
“Dara….kenapa elo nggak terima ajakan Chandra? Itu kan kesempatan elo deket sama dia.”, protes Vivi.
“Kita kan baru kenal, jadinya gua masih sedikit malu. Lain kali kan bisa.”, jawab Dara.
“Hari gini masih mikir malu? Aneh banget sih loe.”, ucap Titin.
“Biarin! Udah ah, ke kelas aja yuk!! Ntar kita kena marah lagi sama Pak Raden, habis ini kan masih ada jam pelajarannya.”, ajak Dara.
“Ya udah deh.”, jawab titin dan Vivi.
***

“Hai….”, sapa Chandra.
“Eh…Chandra….ada apa nih?”, tanya Titin.
“Dara mana?”
“Oh…dia lagi di toilet, kita disuruh tunggu disini.”, jawab Vivi
“Kalian mau ke kantin ya?”, tanya Chandra.
“Rencananya sih, emang kenapa?”, tanya Vivi.
“E…gua mau ngomong sama Dara, gimana kalo elo berdua duluan aja ke kantinnya.
“Emang elo mau ngomong apa sih?”, tanya Titin.
“Nanti elo berdua pasti tau. Ntar biar gua yang nungguin Dara di sini.”
“Ya udah deh, kebetulan gua udah lapar benget. Udah nggak nahan.”, ucap Titin. Nggak lama setelah Titin dan Vivi pergi Dara pun datang.
“Hai Dara!”, sapa Chandra.
“Hai…kok elo yang ada disini? Titin sama Vivi mana?”, tanya Dara.
“Mereka udah ke kantin duluan.”
“Kok ke kantin duluan? Tega banget sih?”
“E…gua yang suruh mereka untuk pergi ke kantin duluan. Soalnya gua mau ngomong sesuatu sama elo.”
“Ha? Elo mau ngomong sesuatu sama gua? Emang elo mau ngomong apaan?”, tanya Dara penasaran.
“Kayaknya ngomongnya nggak di sini deh. Gimana kalo kita ke taman?”, ucap Chandra.
“Taman? Lama nggak?”, tanya Dara manja
“Nggak, nggak bakal lama kok.”
“Beneran ya nggak lama, soalnya gua udah lapar banget.”
“Iya nona manis…”, ucap Chandra sambil menarik tangan Dara menuju taman.
“Elo mau ngomong apa sih?”, tanya Dara sesampainya di taman.
“E….gua mau ngomong jujur sama elo. Sebenarnya gua suka dan sayang sama elo.”, ucap chandra sedikit gugup.
“Apa?? Elo suka dan sayang sama gua? Sejak kapan?”, tanya Dara
“Sejak pertama kali gua liat elo di dekat lapangan basket. Seringnya elo duduk di situ, sesering itu juga gua memperhatikan elo.”
“Elo merhatiin gua?”, tanya Dara nggak percaya
“Iya, diam-diam gua jatuh hati sama elo, dan gua sering cari tau tentang elo. Sebenarnya gua udah lama pengen kenalan sama elo, tapi gua takut kalo elo nggak mau berteman sama gua. Makanya gua lebih memilih untuk mencari tau tentang elo dulu.”, jelas Chandra.
“Elo yakin dengan perkataan elo?”, tanya Dara lagi.
“Gua yakin banget. Elo mau nggak jadi cewek gua?”
“E….e….harus di jawab sekarang?”, tanya Dara
“Iya…, gua akan terima apapun keputusan elo.”
“Ok…gua mau ngomong jujur sama elo. Sebenarnya setiap pagi gua duduk di dekat lapangan basket itu untuk ngeliatin elo. Gua suka ngeliatin elo kalo lagi main basket.”, ucap Dara sambil tersipu-sipu malu.
“Jadi yang tiap pagi elo liatin itu gua?”, tanya Chandra gantian nggak percaya.
“Iya…”
“Jadi keputusannya?”
“E….gua mau jadi cewek elo.”
“Bener? Elo nggak bohong kan?”
“Iya….percaya deh.”
“Makasih….”, ucap Chandra sambil memeluk Dara.
“Iya….tapi….”, ucapan Dara terputus
“Tapi apa?”, tanya Chandra
“Perutku lapar…..loe kan tadi janji nggak lama-lama.”
“O..iya….maaf ya sayang. Kalo gitu kita ke kantin sekarang.”, Dara dan Chandra pun berjalan menuju kantin.
“Hai…..”, sapa Dara dan Chandra kepada Titin dan Vivi.
“Ini dia orangnya, ditunggu-tunggu dari tadi juga.”, omel Titin
“Maaf deh kalo gua pinjem Daranya terlalu lama.”, ucap Chandra
“Emang elo tadi ngomong apa sama Dara?”, introgasi Vivi.
“E…elo tanya aja ndiri sama Dara.”
“Emang Chandra ngomong apa sih Ra sama elo?”, tanya Vivi lagi
“Nggak ada ngomong apa-apa.”
“Bohong!!!”, jawab Titin
“Bener…iya kan Chan?”
“Iya….”
“Kalian berdua tega ya nggak mau kasih tau kita. Biarin aja deh Vi kita nggak di kasih tau.”, ucap Titin rada kesal.
“Ceile….gitu aja marah. Ok deh, gua kasih tau… sebenarnya kita berdua udah jadian.”, jelas Dara.
“Ha??”, jawab Titin dan Vivi sambil bengong
“Eh, jangan bengong gitu dong!”, ucap Chandra
“E….sumpe loe?”, tanya Vivi nggak percaya
“Emang tampang gua nggak meyakinkan ya?”, tanya Dara polos
“Iya deh gua percaya.”, sambung Titin.
“Gitu dong…. Kita berdua cocok kan?” tanya Chandra sambil merangkul Dara.
“Serasi banget!”, jawab Titin dan Vivi. Sejak saat itu dimana ada Dara disitu pasti ada Chandra. Kemana-mana selalu berdua. Serasa dunia milik mereka berdua aja, yang lain ngontrak kali ye…..!!! Dan kini seisi sekolah pun tau kalo mereka pacaran, sampe-sampe mereka di cap sebagai pasangan paling mesra di sekolah. Wah……!!!
***
“Lagi baca buku apa Ka?”, tanya Dara kepada Kakak sepupunya yang lagi liburan dirumahnya.
“Lagi baca buku-buku agama aja. Setidaknya kita harus tau tentang agama kan?”, jawab Ine, kakak sepupu Dara.
“Iya sih…. Ka, ada buku agama yang membahas tentang pacaran nggak?”, tanya Dara.
“Ya adalah, kamu mau baca?”
“Iya, emang Kakak punya?”
“Ada sih, tuh di atas meja. Baca aja, kalo ada yang nggak ngerti tanya aja sama Kakak, insyaallah Kakak bisa jawab.”
“Ok deh!!”, setelah agak lama membaca buku, Dara pun mulai merasa janggal dengan isi buku yang ia baca.
“Kak, emang bener ya dalam Islam kita nggak boleh pacaran?”, tanya Dara.
“E….boleh sih pacaran, tapi kalo sudah menikah.”, jawab Ine
“Maksudnya?”
“Maksudnya, kita boleh berpacaran, tapi ketika kita sudah menikah. Kalo pacarannya sebelum menikah itu nggak ada di dalam Islam.”
“Maksudnya kalo pacarannya kayak anak muda jaman sekarang itu nggak ada ya Ka?”
“Iya..”
“Jadi kalo misalnya sekarang kita pacaran kita berdosa dong?”
“Mungkin…, emang kenapa? Kamu sudah punya pacar?”, tanya Ine
“Iya…”
“Terus mau kamu apakan pacar kamu?”
“Nggak tau…”
“Sebaiknya jangan kamu putusin tiba-tiba pacar kamu itu, kan kasian. Gimana kalo kamu kurangi aja jarak kamu sama dia. Yang dulu sering pegang-pegangan, sekarang nggak usah pegang-pegangan. Yang dulu selalu berdua, sekarang nggak usah terlalu sering berdua-duaan. Bahaya lo………….”
“Kalo gua bilang putus dengan alasan ini, ntar gua dibilang so’ alim. Lagian alasannya nggak masuk akal banget bagi Chandra. Apa Chandra mau ngerti? Kayaknya nggak deh….dia nggak bakalan mau ngerti kalo alasannya ini. So, gimana dong?”, ucap Dara dalam hati.
“Halo Sayang!! Kangen banget nih seminggu nggak ketemu kamu.”, ucap Chandra di depan gerbang sekolah.
“Hai…..”, jawab Dara garing.
“Kita ke kantin yuk….”, ajak Chandra
“Masih pagi.”
“Biasanya juga tiap pagi kita ke kantin.”
“Gua udah sarapan di rumah.”
“Ok deh kalo gitu, ntar aja kita ke kantinnya, yuk kita masuk……..”, ajak Chandra sambil meraih tangan Dara. Tapi, Dara segera menjauhkan tangannya dari tangan Chandra.
“Chan, sampe sini aja.”
“lo…biasanya kan sampe dalam kelas”
“Nggak usah.”, ucap Dara dan segera pergi meninggalkan Chandra. Sejak saat itu Dara selalu menghindari Chandra. Kalo ke kantin mereka selalu berempat sama Titin dan Vivi. Kalo Chandra ngajak jalan berdua, Dara selalu mencari-cari alasan supaya nggak jadi jalan sama Chandra. Kalo Chandra pengen megang tangan Dara, Dara selalu menjauhkan tangannya. Sekarang nggak terlihat lagi kemesraan dari mereka berdua. Sampe-sampe cap mereka sebagai pasangan paling mesra di sekolah semakin memudar.
“Ra, elo ada masalah ya sama Chandra? Kok elo nggak kayak dulu lagi?”, tanya Titin
“Gua masih kayak dulu kok.”, jawab Dara singkat
“Nggak Ra, elo sekarang beda. Elo nggak terlihat mesra lagi sama Chandra.”, sambung Vivi.
“Emang pacaran itu harus mesra ya?”
“Tu kan, elo sekarang udah berubah. Sikap elo sama Chandra sekarang udah berubah.”, ucap Titin lagi.
“Tapi sikap gua sama elo berdua nggak berubah kan?”
“Iya…tapi…”, kata-kata Vivi segera di potong Dara.
“Udah deh, nggak usah ngomongin itu lagi. Kalo gua kasih tau alasannya juga, pasti elo berdua bilang kalo alasan gua nggak masuk akal. Jadi nggak usah ngomongin itu lagi ok!”, jelas Dara dan ia segera pergi meninggalkan kedua sohibnya. Kedua sohibnya itu semakin nggak ngerti dengan sikap Dara.
“Kalo mereka berdua gua kasih tau alasannya, apa mereka akan ngerti? Gua bener-bener bingung. Disatu sisi gua nggak pengen bikin Chandra kecewa, tapi disisi lain gua harus mentaati perintah agama. Sudah cukup banyak dosa yang gua lakukan, disengaja ataupun nggak disengaja.”, ucap Dara lirih
“Ra, gua mau ngomong sama elo.”, suara itu terdengar dari belakang Dara.
“Chandra? Elo mau ngomong apa?”
“Gua mau ngomongin tentang hubungan kita.”
“Oh…ya udah…ngomong aja.”
“Ra, kenapa setelah habis liburan elo berubah. Sikap elo berubah terhadap gua. Elo punya cowok lain?”
“Nggak, gua nggak punya cowok lain”
“Terus kenapa elo ngindarin gua? Sudah satu bulan ini elo ngindarin gua.”
“Gua nggak bisa ngejelasin alasannya. Gua yakin elo nggak akan bisa ngerti.”
“Apa Ra, alasannya? Gua akan berusaha untuk ngerti.”
“Gua nggak akan bilang, tapi yang pasti bukan karena gua udah dapat pengganti elo.”
“Ok kalo itu keputusan elo. Gua nggak tahan kalo harus begini terus-terusan. Kayaknya hubungan kita nggak bisa dipertahanin.”
“Gua terima keputusan elo. Maaf kalo gua sama sekali nggak bisa kasih tau elo alasan kenapa gua jadi begini.”, ucap Dara seraya pergi meninggalkan Chandra.
“Ra, tapi kita masih bisa temenan kan?”, teriak Chandra
“Tentu aja! Bye…..”, jawab Dara
“Ra, Chandra ngomong apa sama elo? Tadi dia nyari elo.”, tanya Vivi. Dengan segera Dara memeluk erat kedua sahabatnya. Sambil tersenyum ia mengatakan…
“Gua putus……”, ucap Dara tersenyum lega.
“Kok elo malah senyam-senyum?”, tanya Titin
“Emang kalo putus cinta mesti nangis? Nggak kan?” jawab Dara santai.
“Kita berdua malah khawatir banget sama elo.”, ucap Titin
“Maaf ya freinds, gua nggak bisa kasih tau alasannya sama elo berdua. Hanya gua yang tau. Chan, kalo kita jodoh pasti kita akan bersatu, dan bisa pacaran setelah menikah. Terima kasih Ya Allah engkau sudah memberikan jalan yang terbaik bagiku.”, ucap Dara dalam hati .
***

Tidak ada komentar: